The Difference between United Kingdom, Great Britain, and England?

1

September 13, 2012 by racchanKD



Banyak yang bingung ga sih bedanya United Kingdom (Indonesia : Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara), Great Britain (Britania Raya), dan England (Inggris)?  Bukannya sama-sama negaranya Ratu Elizabeth yang ada Manchester Unitednya itu?

Karena akhir2 ini saya lg mode British banget, mari kita bahas, hehe.

Berikut ini adalah nama disertai penjelasan gambar dari wilayah-wilayah yang akan kita bahas.

The Map

Dari gambar di atas keliatan bahwa wilayah yang menunjukkan masing2 nama beda.

Sebenernya apa pentingnya?

Lebih ke arah perasaan individu, sih,, dan pengetahuan akan sejarah dan politik, orang2 Skotlandia (Scottish/Scots) dan Wales (Welsh) kurang suka kalo disebut ‘orang Inggris’, tapi fine kalo disebut ‘orang British’.  Emm… Mungkin kaya kalo orang Jawa Tengah ga mau disebut orang Jawa Timur walo sama-sama Jawanya (gagal menemukan analogi yang pas, sigh).  Yuk kita mulai identifikasi perbedaannya.

United Kingdom (UK)

UK Map

United Kingdom atau nama resminya United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland, terdiri dari:

Inggris : ibukotanya London, paling besar wilayahnya (130,410 km²), paling banyak penduduknya (84% dari total penduduk U.K.)

Skotlandia : Ibukotane Edinburgh, luas wilayah 78,789 km² (terdiri dari 790 pulau-130 dihuni), penduduk 5,054,800 (2002)

Wales : ibukotane Cardiff, luas wilayah 20,779 km², penduduk 2,918,700 (2002)

Irlandia Utara : ibukotanya Belfast, luas wilayah 14,139 km², penduduk 1,685,000 (Census 2001)

Kesatuan Sistem Pemerintahan

Jadi di U.K., ada negara-negara dalam negara.   UK dipimpin oleh Ratu sebagai kepala negara dan Prime Minister (Perdana Menteri) sebagai Kepala Pemerintahan.  Sejak tahun 1707, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara punya pemerintah dan eksekutif tersendiri.  Parlemen UK menyerahkan beberapa kekuasaannya ke badan-badan pemerintahan negara tersebut.  Cuma Inggris yang ngga punya parlemennya sendiri.  Masalah-masalah yang menyangkut Inggris ditentukan oleh pemerintah UK yang terdiri dari MP dari seluruh UK.  MP (ini artinya Member of Parliament, bukan Muslim Pakistan, hhah.-Citizen Khan red.).  Situasi ini menimbulkan keadaan yang disebut West Lothian question, suatu keadaan yang agak aneh dimana MP negara lain harus memutuskan kebijakan yang sebenarnya cuma menyangkut masalah Inggris.

Large sand-coloured building of Gothic design beside brown river and road bridge. The building has several large towers, including large clock-tower.

Westminster Palace, Gedung Parlemen UK

Sistem pemerintahan UK sendiri menurut saya sangat menarik,  gabungan dari parliamentary democracy dengan constitutional Monarch.  Sebagai info, Perdana Menteri Inggris tidak dipilih dari election, namun dipilih dari dalam partai politik yang memiliki anggota paling banyak di Parlemen.  Find out about UK Government System here.

Kesatuan Bendera

Asal usul bendera UK lumayan menarik.  Merupakan gabungan dari bendera-bendera negara persatuan, cool yah.

English flag

St. George represents England Flag

+

Scottish flag

St. Andrew represents Scottish Flag

The Union Flag of 1606

The first Union Flag (1606)

The rules of heraldry demanded that two colours must never touch each other.  The Act of Union tahun 1707, menggabungkan Inggris dan Skotlandia, membentuk suatu kerajaan dengan satu Parlemen yang disebut ‘United Kingdom of Great Britain’.  Inggris, Skotlandia, dan Wales sekarang bersatu dalam sebuah monarki dan parlemen.

+

Ireland represents by St. Patrick

Union Flag

Kalo kita perhatikan baik-baik, di sini benderanya jadi ga simetris.  Ini karena Skotlandia lebih awal gabung di Persatuan, hampir 200 tahun sebelum Irlandia, lambang cross putih Skotlandia diletakkan di bagian lebih atas kalo di lokasi deket tiang bendera (daerah simetri kiri), ini disebut sebagai tempat paling terhormat kalau dalam heraldy, sedangkan cross Irlandia ditinggikan di posisi terhormat kedua, daerah bendera berkibar. (masuk akal, kalo benderanya ga ketiup angin, posisi yang lebih keliatan yang deket tiang).

England, Wales, Scotland and Ireland were now all joined together and called the United Kingdom of Great Britain and Ireland. The name was later changed to United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland when the greater part of Ireland left the United Kingdom in 1921.

Terus, kok ga ada Bendera Wales?

Welsh Flag

Welsh Flag

Ini karena the first Union Flag diciptakan tahun 1606 dan Wales sudah menjadi bagian dari Inggris sejak abad ke-13.  Di tahun 1536, di bawah Henry VIII, the Act of Union menggabungkan England dan Wales secara resmi.

Kesatuan Lagu Kebangsaan

Lagu Kebangsaan UK adalah Good Save the Queen, yang dinyanyikan saat :

  • Ratu muncul
  • penutup siaran hari tersebut oleh British Broadcasting Company
  • akhir momen Remembrance Day services.
  • Seremonial Medali untuk tim GB (representing all countries)
  • Pertandingan sepakbola Inggris dan Irlandia Utara (the Scottish use Flower of Scotland, the Welsh use Land of my Fathers – Hen Wlad Fy Nhadau

Inggris dan Irlandia Utara punya lagu kebangsaan sama, God Save the Queen.  Lagu kebangsaan Irlandia Amhrán Na bhFiann (The Soldier’s Song) dinyanyikan di Irlandia Utara saat even-even yang berhubungan dengan budaya Irlandia.  Skotlandia punya Flower of Scotland, dan Wales Hen Wlad Fy Nhadau (Land Of My Fathers).

Masalah mata uang, semua negara di UK menggunakan currency yang sama, yaitu Pound sterling (GBP).

Fact : Survey dari ICM yg dipublish di tahun 2007 menunjukkan bahwa mayoritas voter dari orang Inggris dan Skotlandia pingin agar masing-masing negara pisah aja.   Gimana nasib bendera UK nantinya, ya?

Great Britain

UK

Kalo Great Britain cuma terdiri dari 3 negara, as you can see above.  Great Britain adalah Political Term dan Geographical Term untuk menunjukkan pulau terbesar di wilayah UK.

Daerah di Great Britain dibagi menjadi counties (cem kabupaten) yang bertujuan untuk pembagian wilayah administratif, politis, dan geografis.   Inggris dibagi menjadi 45 counties,  Wales 22 counties, dan Skotlandia 30 counties.

Map showing the counties of England

Counties of England

Great Britain sama Britain sama ga?

Biasanya orang menyebut istilah Britain yang maksudnya adalah Great Britain, tapi sebenernya, Britain itu maksudnya menunjuk pada Inggris dan Wales karena provinsi Romawi yang jadi asal usul nama Britain, tidak pernah menguasai Skotlandia pada kenyataannya.

England

The home of English Premier League.  Selain dibagi dalam 45 counties, Inggris dibagi menjadi 9 daerah pemerintahan (region, cem provinsi) dengan gubernur sebagai kepala pemerintahan.

map

England Division of Region

Ibukotanya London.  Find out more about London here.  Inggris adalah tempat keluarga kerajaan bersemayam (mungkin bakal cerita mengenai Royal Family lain kali, salah satu bahasan favorit pas TK, heuhe), dan merupakan asal Bahasa Inggris.

Quck Fact : England is 74 times smaller than the USA, 59 times smaller than Australia and 3 times smaller than Japan

To make long story short, Inggris itu adalah satu negara,  Britain = Wales+ Inggris, Great Britain = Wales+Inggris+Skotlandia, UK = Great Britain + Irlandia Utara.  Cuma Utara karena di tahun 1922, wilayah Irlandia yang lain keluar dari persekutuan.

Lalu jangan menyebut orang Skotlandia dan Wales sebagai orang Inggris, tapi mereka OK aja kalo disebut ‘British’.  Inggris, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara sama-sama punya kewarganegaraan (citizenship) British tapi memiliki kebangsaan (nationality) yang berbeda-beda.

Sekian dan terima kasih.  Semoga infonya bermanfaat, kalo ada koreksi atau pertanyaan silahkan komen. Salam hangat sehangat roti panggang.

One thought on “The Difference between United Kingdom, Great Britain, and England?

  1. racchanKD says:

    Ahh.. kayanya kalo bikin post Inggris full/ Indonesia full aja, biar ga bingung bacanya.
    *udah males ngedit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

September 2012
M T W T F S S
« Jul   Oct »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Yang Udah Mampir

  • 15,949 sahabat

Souce of MP3 Kajian Islam with Ustadz” Ahlussunnah

Kajian.Net

Kira-kira Saya tu Begini

Click to view my Personality Profile page

Thx for visit….

Semoga blog ini terhindar dari kesia-siaan.. Feel free to Leave ur comment, biar saya tau kalo udah mampir ^^
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,818 other followers

%d bloggers like this: