Cara Ampuh Menghilangkan Ngantuk Pas I’tikaf

Leave a comment

September 8, 2010 by racchanKD


Ramadhan tanpa ber-i’tikaf asa ada yang kurang.  Setelah sholat malam, dijamin hati menjadi lebih tenang, seperti ngasih makan rohani kita sampai kenyang.  Belum lagi keutamaan-keutamaannya…

“Rabb kita turun ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman (yang artinya):  ‘Adakah seorang yang meminta? Pasti Aku akan memberinya.  Adakah seorang yang berdoa? Pasti Aku akan mengabulkannya. Dan adakah seorang yang memohon ampunan? Pasti Aku akan mengampuninya’. Hal ini berlangsung hingga tiba waktu fajar.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah)

“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim )

Pas sholat malam bisa berdoa yang lebih khusyu’, menghilangkan ketakutan-ketakutan akan masa kini dan masa depan, memunculkan harapan, menangis sampai puas cuma ke Rabbul ‘alamin, dll.

Tapi buat kita-kita yang belom kebiasa bangun jam segitu, trus harus berdiri berjam-jam, biasanya ada satu musuh utama, ngantuk.

Woi, ngantuukk pergi doong,,,

Berdasarkan pengalaman nih, saya punya beberapa cara buat ngilangin ngantuk ini.

1.  Tidur cukup.  Minimal 2 jam lah. Lebih dr itu jg lebih baik,, kalo siangnya sempet tidur, tidur siang dulu 1-2 jam.  Bakalan ngebantu banget malemnya.  Asyiknya lagi nih tidur kita ini bisa berpahala juga karena tidur itulah yang menguatkan kita sehingga kita bisa bangun untuk beribadah di malam harinya .

2. Cari masjid yang imamnya enak. Maksudnya dari segi suara, kalo saya suka imam yg banyak berdinamika.

3. Simak bacaan Quran. Bawa Quran dari rumah (disaranin yang g ada teks Bahasa Indonesianya, biar enteng 🙂 ).  Dengan ikut menyimak saat imam membaca, otak bisa lebih konsentrasi dan pikiran g melayang ke mana-mana.  Di samping itu kita bisa lebih siap rakaat ini berapa lama lagi.  Biasanya kalo se-QL (Qiyamul Lail)an baca satu juz, imam akan membaca dengan urutan 4hal-3hal-3hal-2hal-2hal-2hal-2hal-2hal.  Pokoke banyak di awal dan semakin berkurang di akhir.

4. Bawa temen. Ya, bawa temen2 kamu.  Bisa buat ngobrol kalo mau tidur malem, temen pas makan sahur (beneran g enak makan sendirian, huhu), bagi-bagi makanan, daan sebagainya…. Hehe, lebih nggak ngantuk lah kalo ada temen.

5. Jangan coba-coba tidur saat jeda. Misal pas jeda dari rakaat ke-empat ke ke-lima dan berasa ngantuk, jangan coba-coba tidur (karena biasanya ngantuknya lanjut ke sholatnya).

Tapi sebenarnya yg terpenting dari semua tips di atas (yg blum tentu benernye, hehehe) yang terpenting adalah

∫-NIAT-∫

Dengan niat yang kuat, maka seluruh tubuh kita akan mendukung tercapainya tujuan kita.  Selalu perbaharui niat ketika akan melakukan kebaikan.  Niatkan karena Allah Azza wa Jala sahaja.  Oiya saya pernah dengar dari ustadz saya, agar dimudahkan bangun di malam harinya, jangan bermaksiat kepadaNya di siang harinya (berlaku umum di luar Bulan Ramdhan).

Walo tetep aja krn jam tidur sy lama, kantuk datang terasa tapi biasanya lagsung ilang pas Qunut Witir.

Must bring item for me :

Quran (yoi, buat tilawah jelas), Sikat Gigi, Mukena bawahan(sekalian buat selimut pas tidur 😀 ), Cemilan kalo malem2 laper . Itu aja, hhe3. .

Selamat ber-i’tikaf deh 😉

(hari ini hari terakhir buat 1431H  :(( )

n.b. : disarankan buat tidur di mesjid aja, ada yang bangunin, menghindari kemungkinan telat dibanding berangkat dari rumah malem-malem.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

September 2010
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Yang Udah Mampir

  • 45,841 sahabat

Souce of MP3 Kajian Islam with Ustadz” Ahlussunnah

Kajian.Net

Kira-kira Saya tu Begini

Click to view my Personality Profile page

Thx for visit….

Semoga blog ini terhindar dari kesia-siaan.. Feel free to Leave ur comment, biar saya tau kalo udah mampir ^^
%d bloggers like this: