Contact Lens

2

November 2, 2010 by racchanKD


Lensa kontak adalah salah satu alat bantu untuk memperbaiki penglihatan.  Fungsinya sama dengan kacamata namun lebih ringan dan hampir tidak terlihat bila dipakai.  Diperkirakan lensa kontak digunakan oleh 125 juta orang di seluruh dunia.  Lensa kontak dipasang mengambang di permukaan kornea dan dibuat sesuai dengan bentuk bola mata asli dengan kecekungan yang diatur untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke retina.

Berdasarkan bahan pembuatnya, lensa kontak dibagi menjadi Hard Contact Lens dan Soft Contact Lens.  Hard Contact Lens terbuat dari polymethyl methacrylate (PMMA).  Hard Contact Lens biasa dipakai oleh orang dengan gangguan Keratoconus dan Astigmatisma (terjadi karena bentuk kornea tidak normal) juga dipakai oleh orang-orang yang kesehariannya bersentuhan dengan proses kimia,karena Hard Contact Lens tidak menyerap bahan kimia.  Soft Lens terbuat dari bahan Silikon hidrogel.  Silikon memiliki permeabilitas terhadap Oksigen yang tinggi sehingga membuat mata dapat “bernafas”, namun bahan ini membuat permukaan lensa menjadi hidrofobik sehingga membuat mata menjadi kering.  Untuk mengompensasi, ditambahkan hidrogel yang membuat lensa lebih hidrofilik.  Soft Lens cenderung lebih nyaman dipakai daripada Hard Lens (yang membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan mata) karena menyerap kelembapan dan mengandung air.  Waktu pemakaian lensa kontak beragam, dari sehari-pakai-langsung-buang hingga yang dapat dipakai 5-10 tahun.

Berikut ini video How Contact Lenses are Made.  It’s so cool and need high technology ! 🙂

http://www.youtube.com/watch?v=62tha1Kxa2c

Manfaat

Lensa kontak banyak disukai karena kepraktisannya.  Lensa kontak tidak terpengaruh cuaca hujan atau uap (yang biasanya mengganggu pemakai kacamata), juga menghasilkan pandangan yang alami dengan area pandang lebih lebar.  Para atlet dan orang-orang yang dituntut aktif lebih menyukai lensa kontak karena cenderung tidak mengganggu.  Orang biasanya lebih suka dengan wajah aslinya daripada bila dipakaikan kacamata, sehingga dengan menggunakan lensa kontak mereka akan lebih percaya diri.

Di samping digunakan untuk alat bantu penderita cacat mata, lensa kontak juga sering digunakan sebagai kosmetik.  Dalam hal ini sering digunakan oleh industri hiburan untuk menciptakan efek tertentu.  Dalam perkembangannya, beberapa soft lens digunakan untuk pengobatan, lensa kontak mengandung obat-obatan yang secara bertahap dilepaskan ke mata.  Dalam proses penyembuhan penyakit mata, lensa kontak berfungsi sebagai plester untuk menghalangi gesekan antara kornea atau iris dengan kelopak mata ketika berkedip.  Varian lain lensa kontak dapat dipakai untuk penderita buta warna.  Walaupun tidak menghasilkan penglihatan seperti orang normal, namun membantu mereka untuk membedakan warna lebih baik.

Dampak Negatif

Dari sisi biologis, lensa kontak dapat menyebabkan infeksi pada mata karena adanya pengotor dan bakteri, jamur, dan Acanthamoeba (menyebabkan lapisan biofilm pada permukaan lensa)  yang masuk melalui air yang ada dalam lensa.  Efek paling buruk yang ditimbulkan dari infeksi ini adalah kehilangan penglihatan.

Selain alergi, gangguan pada pemakaian lensa kontak kebanyakan disebabkan kurang cermatnya pengguna merawat lensa kontak.  Pengguna harus ekstra hati-hati ketika membersihkan dan menyimpan lensa kontak.

How to Take Care your Lenses

Bab ini langsung sy copas dr site nya Michelle Phan alias Rice Bunny 😀

The Traditional Method

This is the basic way for cleaning and caring for your contact lens.

Be sure you purchase the right contact lens solution. If you do not have contact solution, saline solution is your second best choice.

There will be solutions that states that they are No Rub, which basically means you do not have to rub your contacts to clean it. For me it does not matter, rub your contacts anyways regardless of what the box says. It is better to be safe than sorry.

Wash your hands thoroughly. If you do not, bacteria and germs from your hands will contaminate your contacts.

Take out your contact lens and place it on your palm. (Inget, ya, di telapak tangan lo.  Soalnya biasanya aq taruh di ujung jari telunjuk dan aku rub pake jempol+telunjuk.  Kata Mbak-mbak Optiknya, klo caranya gitu, rawan sobek contact lens nya..)

Squirt a puddle of solution onto your contacts.

Let it soak for 3 seconds..

Now start rubbing the contact lens. Rubbing your lens will help break down protein and buildup on your contacts.

Place it back into your clean empty contact trays and fill it up with your solution. Now you can store it away for your next use. (keluarkan cairan sebelumnya dulu, ‘cuci’ tempat penyimpanan dengan sedikit solution.  Menurut petunjuk penggunaannya mah, jangan pake lagi cairan yang lama(yg biasanya saya bandelin, hhehe).  Lalu keringkan dengan tisu atau biarkan di udara terbuka sampe kering sendiri.)

Efek dari perawatan yang kurang bener adalah minimal terjadi penumpukan protein yang berakibat pada rasa takut terhadap cahaya (silau2 gitu kaya vampir) parahnya bisa terjadi infeksi.

Take care of your Contact Lense= Take care of your eyes=Bersyukur

Gimana Cara Memakai dan Melepaskan Lensa Kontak?

Pertama-tama pakai memang sulit.  I need 1,5 hours and I promise not to wear this stuff because it really will make me late for school. hhaha.

Masangnya:

Jadi, kamu butuh cermin.  Letakkan lensa kontak di jari telunjuk dengan posisi lensa tidak terbalik. Jangan sampai jari telunjuk kamu basah karena lensa kontak nya akan nempel di jari kamu.  Arahkan ke mata, jangan takut-takut. Setelah terpasang, jangan langsung kedip.  Putar-putar bola mata dulu biar lebih nempel.  Yak udah deh.

Ngelepasnya:

Di depan cermin lagi, arahkan pandangan ke atas, ‘cubit’ lensa kontak dengan telunjuk da nibu jari kamu.  Ngelepas lebih gampang sih, walaupun untuk lensa yang bening lumayan susah nyabut nya.

Masalah yang sering timbul dari lensa kontak bening adalah sekalinya jatoh, sangat amat susah untuk menemukannya.  Padahal kamu tahu area jatuhnya di mana. Pheww~

Sekian.  Jangan ragu buat pake lensa kontak.  Hukumnya juga boleh, kok,, hhaha , udah di cek . Cups.

Advertisements

2 thoughts on “Contact Lens

  1. Nadia says:

    ciee kontak lens 😛

  2. dini says:

    ratih, kalo pegang kontak lens jangan lupa CUCI TANGAN DULUUU!!! 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

November 2010
M T W T F S S
« Oct   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Yang Udah Mampir

  • 46,741 sahabat

Souce of MP3 Kajian Islam with Ustadz” Ahlussunnah

Kajian.Net

Kira-kira Saya tu Begini

Click to view my Personality Profile page

Thx for visit….

Semoga blog ini terhindar dari kesia-siaan.. Feel free to Leave ur comment, biar saya tau kalo udah mampir ^^
%d bloggers like this: