Work Sampling

Leave a comment

December 4, 2010 by racchanKD


Pembukaannya, saya mau cerita salah satu tugas besar yang ada di Teknik Industri ITB.  Tugas ini berasal dari mata kuliah Rekayasa Sistem Kerja di mana menurut saya mata kuliah ini sangat menarik dan luas penerapannya bahkan dalam kehidupan sehari-hari.  Contoh isinya antara lain S.M.E.D (Single Minutes Exchange Dies), 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke), Peta-peta Kerja, Studi Gerakan dan Ekonomi Gerakan, Pokayoke, Studi Waktu, dan.. lain-lain.  Tapi kali ini saya akan cerita ttg Time Study aja alias Studi Waktu.

Perlunya Time Study adalah mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.  Hal ini berkaitan erat dengan motion study yang fungsinya merancang metode kerja terbaik saat itu untuk kemudian distandarkan.  Misalnya nih pekerjaan membuat kue apam, setelah mengetahui bagaimana cara pekerja bergerak agar dapat membuat kue yang cepat (dengan menghilangkan elemen-elemen gerak yang tidak bernilai tambah, selanjutnya akan diterangkan dalam Ekonomi Gerakan) kita lalu menghitung waktu standarnya, sebenarnya berapa sih waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue apam bila gerakannya benar?  Dari situ kita bisa men-set standar untuk pekerja, dan memperkirakan waktu produksi suatu produk untuk dapat mengecek kapasitas yang tersedia sudahkah memenuhidemand pelanggan.  Mungkin penerapannya lebih jauh bila ada pekerja yg bekerja lebih cepat dr waktu standar bisa diberi bonus, pekerja yang berada di bawah waktu standar diberi training. And so on.

Teknik pengukuran waktu dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung dan secara tidak langsung. Pengukuran waktu secara  langsung dilakukan langsung di tempat pekerjaan tersebut dikerjakan, caranya antara lain pengukuran dengan cara jam henti(stopwatch) dan sampling pekerjaan. Pengukuran secara tidak  langsung dilakukan dengan melakukan perhitungan waktu tanpa harus  berada di tempat pekerjaan, yaitu dengan cara membaca tabel-tabel  yang tersedia asalkan mengetahui jalannya  pekerjaan melalui elemen-elemen pekerjaan atau elemen-elemen gerakan. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah data waktu baku dan data waktu gerakan.

Well jdi bgaimanakah cara melakukan Work Sampling?

  1. Mengetahui waktu kerja objek yang akan diamati.  Misal jam kerja dari jam 8-17 (8 jam sehari dengan 1 jam istirahat).
  2. Tentukan interval minimum antar pengamatan, misal 7 menit.
  3. Hitung frekuensi pengamatan maksimal per hari.  Misal nih karena kulaih dan ngerjain tugas, kita cuma punya waktu5 jam sehari buat nongkrong di tempat objek kerja.  So frekuensi maksimal = (5×60)/7 = 42.857 kali .
  4. Ambil 2/3 dari jumlah maksimal tsb.  Misal 2/3 x 42 kali = 28 kali.  Buat bilangan random dari 1-42 (klo di Excel rumusnya =RANDBETWEEN(1,42) atau bisa juga pake SPSS dan MathCad).  Pilih waktu yang berkorespondensi dengan bilangan random 1-28 sahaja.  Itulah waktu-waktu kamu harus mengamati objek.

Form pengamatan work sampling

Untuk pengolahan datanya.

Hitung persentase waktu produktif (p), yaitu jumlah tally elemen produktif dibagi jumlah tally total. Kemudian hitung % kegiatan produktif rata-rata.

Yahh, dari situ kamu bisa mengetahui pekerja kamu gabut ato beneran melakukan pekerjaannya.  Kalo gabut dan produktivitas rendah, pecat (lho).  Bisa bener2 tahu pekerja itu ngapain, apakah ngerokok doang pas harusnya kerja, megangin telur (well yeah ini beneran terjadi pd objek yg saya amati), atau pulang ke rumah ketemu istri (ini jg kejadian, waktu kerja malah pulang k rumah).  Bisa dianalisa juga, gabut apakah memang karena kerjaannya yg ga ada, misal klo di TU ramenya pas awal semester dan mau wisuda.  That’s the point where we can start ‘Rekayasa Sistem Kerja’.  Jangan heran jd klo temen2 liat banyak anak2 TI yg berkeliaran di unit-unit kerja ITB.  Bahkan sampe ke Annek juga (byangin tiap hari sekelompok itu gantian TI-Annek, berat d perasaan dan ongkos, hhaha). Pernah suatu hari sy paginya di Geologi (sy nge-Work Sampling di TU Geologi), siang di TI, sorenya di Mesin (nubes Otomasi sekelompok ama anak yg WS di Mesin).

Dari pengalaman saya Work Sampling ini ada 2 hal di luar masalah RSK yg saya petik:

  1. Manusia akan lebih bagus kerjanya kalo diamati.  Terbukti si bapak TU langsung menutup game-nya dan menge-klik-klik  folder random saat sy datang menghampiri tuk mengamati.  hhaha.  Maka dr itu dibutuhkan kmampuan spesial agar si objek tidak merasa diamati.  That’s why my facebook status once said Industrial Engineering = Detective Engineering. Hhhaha.
  2. Make your friend close and your enemy closer.  Woww, asa felm action.  Maksudnya jangan berlaku seolah kamu ancaman bagi si objek agar dia tidak waspada.  Kewaspadaan akan mempengaruhi hasil pengamatan.

I’ll underline the first point.  Bayangkan kalo setiap saat kamu diikuti sekretaris (cantik?) yg mencatat gerak gerik kamu.  Kamu akan malu bukan, kalau melakukan sesuatu yang tidak pantas atau tindakan bodoh?

Padahal tanpa si sekretaris cantik pun sekarang harusnya kita sudah malu karena ada dua ‘sekretaris’ di kanan kiri kita (Raqib dan Atid) yang selalu mencatat segala tindak tanduk kita.  Bahkan

tanpa interval waktu yg diskrit, nyatetnya setiap saat, continuous…  Dan catatan ini

QS AL Qiyamah

13.Pada hari itu diberitakan kepada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang dilalaikannya. 14.Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri, 15.meskipun dia mengemukakan alasan-alasannya.

QS Al Kahf

49. Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: “Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun.”

Saat akan berbuat suatu hal yang merugikan atau meaningless, ingat Al Bashir, Yang Maha Melihat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

December 2010
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Yang Udah Mampir

  • 45,841 sahabat

Souce of MP3 Kajian Islam with Ustadz” Ahlussunnah

Kajian.Net

Kira-kira Saya tu Begini

Click to view my Personality Profile page

Thx for visit….

Semoga blog ini terhindar dari kesia-siaan.. Feel free to Leave ur comment, biar saya tau kalo udah mampir ^^
%d bloggers like this: