Le Grand Voyage

3

April 12, 2011 by racchanKD


Oke, jadi begini ceritanya,,

Saya pengen banget ke Mekkah . Jauh sebelum saya tau kalo temen2 saya tyt udah banyak yg ke sana buat umroh/ haji (makin mupeng) (cess) . Dan saya rasa efeknya sangat baik . Krasa perbedaannya mereka lebih hanif (lurus) . Kayanya bagus bet buat saya yang sering terbolak-balik ini .

Jadi rencananya, saya pengen umroh nih kawan-kawan. hee..

Tentu pertanyaan pertama yang muncul adalah:

Duit darimanee…?  <– mungkin hal ini bukan masalah buat beberapa orang tapi tentu menjadi constraint utama buat saya.

Belasan juta . auoo~

Namun, tanpa dinyana-nyana dua orang teman saya yang sholehah setelah sholat menggelontorakan jawabannya .

‘Jadi gini, Tih,, kita punya rencana setelah lulus ini kita bakalan umroh.  ‘

Saya : (excited-wow) Hah, lah, duitnya pegimane dapetnya?

‘Hfufufufu, jadi kita di ITB ini tinggal berapa semester, Tih??’

Saya : ‘Umm.. 4 Semester, Ca (ee, keceplosan nyebutin nama)’

‘Naah,, kalo kita bisa dapet beasiswa PPA tiap semester maka 350.000*12*2=8.400.000 .  Asumsi dana buat umroh 12.000.000 (gatau nih uang segini dapet akomodasi macem apa, hha3) jadi kurangnya 3.600.000’

‘Itu bisa cari-cari dari mana lah yaa..’

Saya : ‘Oh iya, bener juga, kalo dapet PKM n PMW bisa nutup tuh (orang yg ga’ sadar kalo duit PKM n PMW bukan buat hadiah cuma-cuma krn bikin proposal).’  ‘Ato ga dari jual Ciwawa 2.000(profit)*20(jml Ciwawa yg bsa dbawa dlm satu hari)*15(jml hari jualan)=600.000 . Kalo jualan 4 bulan berarti 600.000*4 = 2.400.000 .’

‘Oke, pokoknya kita harus semangaaat…~’

Saya : (y)

Itulah, ternyata it is possible .

Karena bayarnya pake Dollar (bukan the dollars Durarara!!) , kayanya duitnya harus nuker dari sekarang deh . mumpung Dollar lagi turun banget . (8000 sahaja, brew!)

Menurut gw ini adalah ide brilian . Ke tanah suci untuk beribadah lebih khusyu’ dan klimaks .  Karena setelah lulus, adalah sebuah medan di mana sejuta kemungkinan terhampar di depan mata . Mana yg akan kita ambil, sebenarnya kita tidak tahu baik buruk yang tersembunyi di baliknya .  Dan Allah-lah Yang Maha Tahu . Sedang Mekkah adalah tempat yang mustajab untuk berdoa.

“Para jamaah haji dan umroh adalah tamu Allah. Jika mereka berdoa kepada-Nya, niscaya Dia akan mengabulkan (permintaan mereka), dan jika mereka beristighfar niscaya Dia akan memberikan ampunan kepada mereka.” (HR. An-Nasa`i)

Setelah lulus, kita bakal jarang kumpul teman-teman sholeh lagi untuk saling mengingatkan, tidak terikat dalam aktivitas dakwah (scr keorganisasian), dan hal itu sangat riskan menurut saya . Mengembara dalam belantara kehidupan sebenarnya dimana ideologi dihantamkan dengan realita .  Maka dari itu sangat layak dan sangat layak (diulang dua kali biar lebih dramatis) bila kita memohon ditunjukkan jalan yang lurus, dijaga dari keburukan-keburukan dunia, dipilihkan pilihan-pilihan yang terbaik, mengakhiri episode dunia dengan cara husnul khotimah.

Masalah yang muncul skrg adalah hape saya ilang dan pengen beli yang baru pake duit sendiri . Jadi nanti begitu duit beasiswa keluar langsung dipake beli . (berarti harus cari tambahan 1.200.000) (ngek) . Terus salah satu temen saya yg mau ikut ini, dapet exchange ke Osaka selama setahun . Which is mundur setahun dong (tp gatau diambil apa ga gara2 gempa kemaren. bayangin, paginya dia cerita ke saya dapet beasiswa itu, sorenya ada berita Jepang kena gempa (masyaAllah))  . Trus saya pengen extend juga se-semester buat ambil Agriculture di Nagoya (Ya Allah, bila itu baik, sampaikan..) . Jadi mah intinya kayanya itu bukan masalah . Hha . Malah bisa cari duit dari part time yang katanya cuci piring aja 100.000/ jam . huwo o o .

Bila disampaikan umur oleh-Nya, maka saat yang paling tepat untuk pergi ke tanah suci adalah Juli 2013 . Itu pas bulan Ramadhan . Huahh, bayangkan tuhh. Bayangkan, resapi, Ramadhan di Indonesia aja udah emezing!  Apalagi Ramadhan, sholat Tarawih di Masjidil Haram yang pahala sholatnya 100.000 kali lipat dari sholat di masjid biasa.

😀 😀 😀

Bismillahi tawakkaltu ‘alAllah, tidak ada daya dan kekuatan selain milik Allah .

Constraint yang lainnya, cowok buat nemenin . Masa’ iye, 3 orang cewe imyut geret-geret koper sendirian, jalan-jalan di gurun sendirian, makan buffet sendirian (??) . Sampe sekarang mahram cowok saya cuma 4 . Dua kakak saya, papah, sama embah.  Berarti kalo mau ngajak salah satunya, harus nambah dana, dong.. Preparasinya kumaha?  Smoga kakak saya udah pada dapet kerjaan dan bisa nabung pas itu . amiinn.. (udah ngomong sih) . kalo ga bisa ngajak kakak, terpaksa…. ngajak cowok gue pas itu (a.k.a. ojob a.k.a. bojo a.k.a. husband) <– ga jelas >,< . Ya, siapa yg tau kan masa depan .

Constrain lagi, terjadinya inflasi .  Duit 4 juta yang saya punya sekarang, dengan rate 5%, 2 tahun mendatang akan menjadi 3.628.000 rupiah . 😐 . Ga enaknya pake duit kertas . Diboongin dech ama sistem . Mau ditaro bank doank juga kepotong biaya administrasi . Mau reksadana masi ga ngerti, mau beli saham duit segitu dapet saham pabrik krupuk (klo udh ada yg go public) . Sejujurnya saya juga ga gitu belajar investasi (kabur SCM pas Ektek) . Eh, tapi prnah nyelenggarain seminar Bisnis Online dan Investasi . Nih slide nya –> Bisnis Online dan Investasi Hb . Tapi kebanyakan hukum bisnis online nya . #kunyah2

Udah ah, pokoke konstren (baca : constraint) harus diatasi .

Lalu motivasi selanjutnya, pengen napak tilas kehidupan Rasulullah SAW.  Pasti kerasa banget feelnya, misal pas lo berdiri di depan Sumur Badar,kamu bakalan bayangin di sinilah kisah epik itu.  300 orang Muslim vs 1.000 orang kafir Quraisy .  Terus di depan kamu, perang itu seakan-akan terjadi .  Saat Allah mengirimkan bantuan 3.000 malaikatNya dan orang-orang kafir Quraisy kocar-kacir.

Ketika matahari sore yang menyinari bukit berpasir itu mulai menghilang di balik cakrawala, hanya tinggal kaum Muslim yang ada di padang itu.  Berkat pertolonga Allah, hari yang besar telah berlangsung di Perang Badar. Keberhasilan dan kemenangan ini terus diceritakan dengan penuh kegembiraan selama berabad-abad.

Atau ketika dulu Rasulullah SAW menyeru kepada Islam, bayangkan udara gurun yang kering dan panas saat itu-yang bisa kau rasakan sekarang-, sholat di masjid sederhana yang bila hujan janggut beliau basah karena atapnya hanya pelepah kurma . Bandingkan dengan kehidupan kita sekarang . Beban hidup segini aja udah ngeluh?  Pengen nangis, euy.

Dan lagi, Mekkah merupakan tempat yang paling dicintai Nabi Solallahu ‘Alaihi Wassalam

وَاللَّهِ إِنَّكِ لَخَيْرُ أَرْضِ اللَّهِ وَأَحَبُّ أَرْضِ اللَّهِ إِلَى اللَّهِ وَلَوْلَا أَنِّي أُخْرِجْتُ مِنْكِ مَا خَرَجْتُ

“Demi Allah. Engkau adalah sebaik-baik bumi, dan bumi Allah yang paling dicintaiNya. Seandainya aku tidak terusir darimu, aku tidak akan keluar (meninggalkanmu)”

Dalem banget . Sejak kecil Rasulullah tinggal di Mekkah gtu . Gue cinta yang Rasulullah SAW cinta .

Dan ternyata Allah memberikan kemenangan dengan hijrahnya Rasulullah ke Madinah ini . Karena, kontras dengan Mekkah, Madinah sangat welcome dengan Islam . Selengkapnya, baca Sirah Nabawiyah (sejarah Nabi) dijamin pengen nangis . Buku sirah banyak baget, salah satu yang bagus, karangan Syaikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfury .

Motivasi lain? Masih banyak . terlalu banyak motif untuk pergi ke Arab . Lebih banyak dari saat saya harus pergi ke negara lain di luar . hah hi .

I wanna go there!

Bismillah ,, panggil aku ke rumahmu, Ya Allah . Jadikanlah aku dapat memenuhi panggilanmu . amin .

(ditulis untuk memotivasi diri sendiri yang sedang de-motivated dan memotivasi teman2 lain . yang mau bergabung dengan proyek ini, mari bermimpi dan beraksi bersama 🙂 . contact me )

Advertisements

3 thoughts on “Le Grand Voyage

  1. ratiiiih. hebat banget cita2 kamu tiiih. saya kalo punya uang boro2 kepikiran mau umroh, malah kepikiran pengen jalan2 ke kirgistan. *hadeh emang beda sih nur kadar keimanan maneh. *
    ratiiih, hebat deh mimpinya,

    ohya, kalo menanggapi inflasi yang begitu hebatnya menerjang, emang (katanya) nabung di bank malah rugi, apalagi nuker uang ke dolar. karena dolar semakin memburuk. haha

    yang paling simpel tapi ada nilai tambah adalah berinvestasi dalam bentuk emas tih. hal itu mudah dilakukan, daripada invest dalam bentuk properti karena pasti gak akan ada yang harganya 4 juta kecuali tanah makam. haha.

    semangat menggapai rencana kamu tiih!!! semoga dilancarkan sama Allah. amiiin

    • racchanKD says:

      ooii, ooii, tanah makam kalo dijualnya masih lama juga mungkin bakal berlipat-lipat . heuheheh .
      Iya, emas, ya, Nur . no risk . ga bisa dimakan tikus (kalo tempat saya ada tikusnya-enggak.red) . yaudah emas aja kayanya . tpi ada ongkos inventory ya~~ <–ga usah disimpen di kos

      Bismillah, Nur… Ini mimpi bersama, kok . 🙂
      Mau ikut? Mau nyoba?
      Ada apa dg Kirgistan lahh ehh, btw , haha, tempat yg ga biasa lo

  2. kasibah says:

    subhanalloh..niat yg mulia.. untuk itu, saya tawarkan travel terpercaya yang akan mengantar anda Umroh & beribadah dgn nyaman.. kunjungi http://salamhaji.com/?reg=intan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2011
M T W T F S S
« Mar   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Yang Udah Mampir

  • 46,741 sahabat

Souce of MP3 Kajian Islam with Ustadz” Ahlussunnah

Kajian.Net

Kira-kira Saya tu Begini

Click to view my Personality Profile page

Thx for visit….

Semoga blog ini terhindar dari kesia-siaan.. Feel free to Leave ur comment, biar saya tau kalo udah mampir ^^
%d bloggers like this: